Tanpa Paku Gereja Kokoh Berdiri

Author : Slawi | Fri, 16 August 2013 - 07:00 | View : 988
gereja-kizhi-pogost.jpg

Gereja : Khizi Pogost

Meski Tanpa Paku, Gereja ini tetap berdiri kokoh dan terjaga keindahannya.

Berusia lebih dari 150 tahun bangunan Gereja Ortodoks Rusia, yang disebut Kizhi Pogost, 150-km sebelah timur perbatasan Rusia-Finlandia ini masih tegak berdiri.  Setinggi 123 meter, seperti dirilis dailymail.co.uk, bangunan ini diyakini sebagai bangunan yang keseluruhannya bersetruktur kayu tertinggi di dunia.

Meski sempat beberapa kali dilakukan renovasi, namun tidak meninggalkan keasliannya.  Bahan material yang digunakan pun tetap sama, yakni kayu berkualitas tinggi.

Kizhi Pogost adalah salah satu contoh langka arsitektur religius gereja yang masih sering digunakan dan terdaftar dalam situs warisan dunia UNESCO.  Struktur bangunan yang rumit, memperhatikan benar hal-hal yang kecil dan detail, menambah tinggi nilai seninya dan sedap dipandang mata. Situs resmi Pusat Peninggalan Bersejarah Dunia UNESCO, menyebut Kizhi Pogost berada di salah satu kepulauan di Lake Onega, Karelia. Republik Karelia merupakan daerah Federal Rusia. Republik ini memiliki luas 172.400 km2 dan beribukota Petrozavodsk. Kizhi Pogost berada 68 km dari Petrozavodsk. (Slawi)

Top